PDK (Pembelajaran di Luar Kelas) adalah kegiatan yang rutin diadakan oleh SDK Cor Jesu setiap tahun. PDK merupakan kegiatan selalu aku nanti-nantikan. Saat diumumkan akan ada PDK hatiku sangat senang, tetapi tidak hanya aku saja yang merasa senang, teman-temanku juga merasakan hal yang sama. Dengan semangat yang besar, hari yang kami nantikan tiba. PDK kali ini dilaksanakan di Kampoeng Kids Kota Batu. Tepat pukul 05.30 aku berangkat dari rumah menuju ke sekolah. Masih sangat sepi pagi itu, hanya beberapa guru, mama pendamping dan sedikit murid yang sudah datang, termasuk aku.

Pada pukul 06.15 kami semua sudah berkumpul di kelas kami masing-masing untuk melakukan absensi supaya tidak ada teman yang tertinggal. Pukul 07.00 kami semua berjalan menuju jalan raya untuk naik bus. Kami naik bis medali mas yang sangat nyaman karena ada AC yang sebenarnya membuatku juga agak kedinginan pada waktu itu. Keberangkatan kami saat itu diiringi oleh rintik hujan. Oh ya..sebelum berangkat kami juga berdoa terlebih dahulu, dan mendengarkan beberapa pesan dari Ibu Nanik, kepala sekolah kami.

Selama perjalanan kami semua sangat senang, menengok kanan kiri, melihat suasana jalan raya yang lumayan ramai. Lalu kami tiba di tempat tujuan kami, yaitu Kampoeng Kids. Kami disambut dengan tarian atau dance oleh kakak-kakak pendamping. Kegiatan ini disebut dengan Welcome Show atau Dance Together.

Acara kedua kami adalah menuju ke wahana rabbit wortel, di sini aku dan teman-teman bermain bersama kelinci yang lucu-lucu. Awalnya aku takut untuk memegang kelinci, tetapi karena melihat teman-teman lain menggendong kelinci, akupun memberanikan diri untuk memegang bulunya yang halus. Dari tempat bermain kelinci kami melanjutkan kegiatan ke tempat peternakan ayam. Di sini kami memberi makan ayam dengan makanan khususnya. Ayam yang dipelihara di sini adalah ayam petelur.

Perjalanan selanjutnya di tempat ini adalah wahana pertanian, di sini kami semua senang bergiliran menanan jagung dan memanen sawi. Jagung yang kutanam berisi 2 biji dalam satu lubang. Sedangkan untuk memanen sawi, aku mencabut epmat tanaman sawi untuk dibawa pulang.

Setelah lelah bertanam, kami beristirahat sejenak untuk menikmati makan siang. Bisa makan bersama teman-teman terasa sangat menyenangkan.

Wahana yang paling saya sukai adalah wahana menangkap ikan. Di sini kami boleh menangkap ikan yang ada di kolam. Sambil menangkap ikan tidak lupa aku dan teman-temanku juga bermain air di sana. Setelah menangkap ikan sambil bermain air, kami lalu mandi dan berganti baju karena baju kami yang sudah basah semua.

Kegiatan terakhir kami di sana adalah permainan. Wow.. permainan ini sangat seru. Jika kalah dalam permainan ini, maka hukumannya adalah menulis nama dengan menggunakan pinggang.

Hari ini aku dan teman-teman sangat senang karena banyak pengalaman yang bisa diperoleh dari PDK kali ini. Aku bisa mengenal alam dengan baik. Berat rasanya untuk meninggalkan tempat ini. Tetapi hari sudah mulai petang, sudah saatnya kami semua untuk pulang.

Kami bersama rombongan lalu naik bis untuk kembali ke sekolah dan sampai dengan selamat tanpa kekuranga apapun.

(Ditulis oleh Engger 3C/02)